Home » , » Penyuluhan Pertanian

Penyuluhan Pertanian

Pengertian penyuluhan dalam arti umum adalah ilmu social yang mempelajari system dan proses perubahan pada individu serta masyarakat agar dapat terwujud perubahan yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan (Setiana. L. 2005). Penyuluhan dapat dipandang sebagai suatu bentuk pendidikan untuk orang dewasa. Dalam bukunya A.W. van den Ban dkk. (1999) dituliskan bahwa penyuluhan merupakan keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi informasi secara sadar dengan tujuan membantu sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar.

Definisi Penyuluhan Pertanian
Penyuluhan adalah suatu suatu kegiatan pemberian informasi yang dilakukan oleh petugas yang dilakukan dengan menggunakan metode-metode penyuluhan dan menggunakan alat peraga sebagai media penyampaian informasi (Saifuddin, 2001).
Penyuluhan adalah suatu cara dalam menerangkan dan menjelaskan ide, pengertian atau pesan secara lisan kepada sekelompok sasaran sehingga memperoleh informasi tentang kesehatan (Effendy, 1998).

Adalah proses pembelajaran bagi petani dan keluarganya serta pelaku usaha pertanian lainnya agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses pasar,tehnologi,permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas,efesiensi usaha,pendapatan dan kesejahteraannya.
Buku pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis posluhtan
BPPK KP Kab.Maros.

Adalah upaya pemerdayaan petani beserta keluarganya dan pelaku usaha pertanian lainnya untuk menyumbangkan pengetahuan,keterampilan dan sikap agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya untuk bekerjasama yang saling menguntungkan produktifitas,efesiensi usaha,pendapatan dan kesejahteraan.
Sumber : Peraturan Bupati Maros No 13/XI/2005 BAB I Pasal I tentanbg pedoman umum penyelenggaraan penyuluhan pertanian dan kehutanan di kabupaten Maros.

Sistem pendidikan nonformal Bidang Pertanian yang diperuntukan bagi Petani nelayan, dan keluarganya agar dinamika dan kemampuan dalam memperbaiki kehidupan dan penghidupan dengan kekuasaan sendiri dapat berkembang serta kesejahteraan dan fastisitasi dalam pembergunaan pertanian meningkat
Sumber : Kampus Pertanian
Penerbit : Peneber Swadaya.

Yaitu merupakan keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi,informasi di bidang pertanian yang secara sadar dengan tujuan membantu petani dan nelayan memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan sendiri.
Buku Peny. Pertanian Karangan A.W.Van Der Ban &
HS.Hawkinspirarlit karnisius.

Adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar,tehnologi,permodalan dan sumber daya lainnya, upaya untuk meningkatkan produktifitas,efesiensi usaha,pendapatan,dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.
Sumber : UU Republik Indonesia No. 16 Tahun 2006 Pasal I BAB I tentang system penyuluhan pertanian,perikanan dan kehutanan


Sumber Referensi:
  • http://nyetnyetanyet.wordpress.com/2011/10/30/definisi-penyuluhan/ 
  • http://id.shvoong.com/social-sciences/1928621-definisi-penyuluhan-pertanian/
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Univ Pertanian - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger